Senin, 24 November 2014

AKSI #STOPMEMAKUPOHON


Minggu (25/11) pagi, dalam memperingati Hari Pohon sedunia 21 November 2014 Kophi Kaltim dengan beberapa komunitas yang ada di Samarinda dan organisasi kampus melakukan Aksi Cabut Paku pada tanggal 23 November 2014 di wilayah Jl Angklung dan Jl Pahlawan Samarinda. Aksi tersebut ditujukan untuk  kaum muda yang ada di Samarinda untuk bersama-sama melakukan suatu aksi kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja dalam perbaikan pohon dan lingkungan.

Beberapa komunitas Samarinda yang ikut bergabung dalam Aksi #STOPMEMAKUPOHON antara lain EH Samarinda, Nabung SMD, Save Pesut Mahakam, Oufriends, Akber Samarinda, SMD Backpackers, CISC, Sobat Bumi Benua Etam, dan dari organisasi kampus antara lain Himateli Unmul, FPPIK, BEM Faperta, BEM Politani serta beberapa peserta personal.  

Dimulai sejak pagi pukul 07:00 WITA peserta aksi berkumpul di Taman Segiri. Peserta membawa peralatan aksi antara lain linggis, palu, dan tang. Pukul 08:00 aksi dimulai dengan menyisir Jl. Angklung dimana banyak sekali ditemukan pohon-pohon yang dipaku iklan-iklan yang merupakan sampah visual. Dalam satu pohon dapat ditemukan lebih dari 5 paku yang tertancap. Dan tidak hanya paku tetapi ada pula kawat yang dililitkan pada batang pohon hingga menyatu dengan kulit pohon. 

Selain melakukan aksi cabut paku, para peserta aksi juga melakukan operasi semut memungut sampah yang ada di sekitaran jalan. Banyak sekali sampah plastik yang menghambat aliran air yang ada di selokan. Sampah yang memenuhi selokan dan pinggir Jl Angklung dipungut oleh para peserta lebih dari empat kantung sampah penuh. Aksi dilanjutkan di Jl Pahlawan dan lagi ditemukan pohon-pohon yang penuh dengan paku yang tertancap. Aksi diakhiri dengan pembagian sticker yang berisi #STOPMEMAKUPOHON. 

Berbagai jenis ukuran paku berhasil ditemukan. Mulai dari yang panjangya sejari kelingking manusia dewasa, hingga paku panjangnya sepuluh sentimeter. Sudah ada Perda Nomor 19/2013 tentang Penghijauan yang Melarang Menancapkan segala jenis iklan di Pohon-pohon yang berada di ruang publik. "Kami berharap aksi ini dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian pohon dan lingkungan sekitar. Salam Lestari" ungkap Maya, Anggota Kophi Kaltim.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar