Jumat, 14 Agustus 2015

Seminar Social Media for Social Good

Hotel Grand Kartika, Samarinda | Jalan Khalid No.35, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75111


Akhir pekan lalu, tanggal 8-9 agustus 2015 lalu menjadi giliran KOPHI Kalimantan Timur membawa aksi perubahan bersama US Embassy. Berlokasi di Hotel Grand Kartika Samarinda, kegiatan ini diberi nama Social Media For Social Good.

Bersama tiga pemateri Social Media For Social Good Samarinda yang antara lain Jeffrey Mogalana, Ade Fadli, dan Christian Natalie. Seluk beluk social media, isu lingkungan di Samarinda, sampai bagaimana cara mengambil dan berbagi isu lingkungan di social media, telah di kupas tuntas dalam kegiatan ini.

Dari kiri : Jeffrey Mogalana, Ade Fadli, Christian Natalie

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 82 peserta dari kalangan SMA, Mahasiswa, Komunitas sampai Instansi Pemerintah. Dan 4 media dari Undas.co, RRI Pro 2 Samarinda, Tepian TV, dan RB FM87.7 juga membantu dalam publikasi.

Peserta memberikan pendapat

Social Media for Social Good adalah kegiatan lokakarya dari kerjasama US Embassy Indonesia dan KOPHI yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagaimana memanfaatkan platform digital untuk menggali dan mensosialisasikan isu lingkungan serta menciptakan publikasi positif tentang program “Social Media for Social Good” dan menjalin hubungan baik dengan media. Misi inilah yang ingin disebarkan ke masyarakat luas di 6 kota yang tidak lain adalah Jambi, Makassar, Bangka, Samarinda, Kupang, dan Ternate.

Seperti kita ketahui bahwa social media memiliki peran penting dalam penyebaran informasi ke masyarakat. Kita bisa melihat banyak produk - produk atau iklan - iklan yang sering terlihat di sosial media dan menjadi terkenal dengan pemanfaatan sosial media tersebut. Perusahaan - perusahaan juga telah banyak yang memanfaatkan sosial media sebagai pemancar informasi ke masyarakat demi memperoleh popularitas bisnis mereka.

Dalam catatan APJII, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 88,1 juta jiwa. Ini merupakan potensi besar untuk memanfaat kan media dengan jumlah masa begitu banyak. Dalam catatan The Wall Street Journal, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada bulan Juni 2014 sudah mencapai angka 69 juta anggota, dan tentu sampai pada 2015 ini angka tersebut juga terus bertambah jumlahnya. Sementara itu, jumlah pengguna Twitter seperti diungkapkan oleh CEO Dick Costolo sudah genap sebanyak 50 juta anggota.

Pengguna sosial media yang notabene nya adalah dari kalangan kamu muda, menjadi target penting untuk penyebaran informasi positif yang membawa perubahan. Kampanye hijau dan sebagainya sangat pas untuk kaum muda yang dengan potensi dan semangatnya, aksi nyata akan bisa terlahir sebagai buah dari ajakan - ajakan positif di sosial media.

Foto bersama

Social Media for Social Good berharap bisa menjadi pendorong terciptanya gerakan – gerakan yang lebih memanfaatkan Social Media sebagai alat untuk berbagi hal – hal positif dan lebih aktif mengkampanyekan isu serta kondisi lingkungan hidup demi perubahan yang lestari :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar